Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - Retailpolo.com

Pesan error yang sama ditunjukkan oleh Retailpolo.com dalam beberapa kasus kesalahan login dengan bahasa yang dapat pengguna mengerti.

Sebuah website yang baik akan memberikan pemberitahuan apabila pengguna melakukan kesalahan terhadap sebuah task. Pada website Retailpolo.com, notification diberikan oleh sistem dalam beberapa kasus. Ketika pengguna salah atau lupa memasukkan field User Login atau Password atau kedua-duanya. Pesan error yang ditampilkan sama untuk setiap kemungkinan kesalahan yang dilakukan pengguna dalam melakukan login. Pesan error tersebut berupa kalimat "Username and password do not match or you do not have an account yet." Dalam form login ini,
ketika pengguna tidak mengisi  field User Login dan Password maka sistem mengeluarkan pesan error yang sama dengan ketika pengguna hanya mengisi field User Login. Sistem memberi tahu pengguna kesalahan yang mereka lakukan dan memberikan solusi yang tepat bagi pengguna. 
Help users recognize, diagnose, and recover from errors 
Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution.
Pesan Error Kesalahan input Login

SARAN PERBAIKAN
Pesan error yang terjadi haruslah menunjukkan pemberitahuan yang tepat dari kesalahan pengguna maupun error dari sistem. Begitupun kasus pesan error saat melakukan login di situs Retailpolo.com. Setiap case kesalahan tentu saja harus berbeda satu sama lain jika kasusnya berbeda. Misalnya jika user hanya melakukan kesalahan input pada form password maka yang diberitahukan sistem hanyalah notifikasi bahwa passwordnya tidak sesuai dengan akun yang ada. Hal ini penting dilakukan oleh sebuah website untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui letak kesalahan yang dilakukannya dan bagaimana memperbaiki kesalahan tersebut. 

SAVERITY RATINGS 
Menurut Nielsen (1995), penilaian Severity Ratings berdasarkan pada kombinasi ketiga faktor :
Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah sering atau Jarang?
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi: akankah mudah atau sulit untuk user atasi? 

Persistence, yakni  persistensi adanya masalah: apakah masalah ini bisa tangani sekali mereka mengetahuinya atau akankah user terganggu oleh masalah tersebut jika berulang kali muncul?
Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa dijelakan sebagai berikut.
  • 0 = Saya tidak setuju sama sekali bahwa hal tersebut adalah masalah usability
  • 1 = Tidak perlu ada perbaikan selama tidak ada waktu pengerjaan yang mendukung
  • 2 = Masalah Usability yang kecil, perbaikan diberikan dengan prioritas rendah.
  • 3 = Masalah Usability yang utama, penting untuk dilakukan perbikan, sehingga harus diberikan prioritas tinggi.
  • 4 = Usability Catastrophe, sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem/produk dipublikasikan
Penilaian severity rating penulis coba padukan dengan masalah pada Heuristic Evaluation khususnya dalam Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors . Berikut adalah penilaian sesuai yang penulis analisis langsung terhadap sistem retailpolo.com
No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Pesan error untuk kasus login


X


 

 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment