Pesan error yang sama ditunjukkan oleh Retailpolo.com dalam beberapa kasus kesalahan login dengan bahasa yang dapat pengguna mengerti.
Sebuah website yang baik akan memberikan pemberitahuan apabila pengguna melakukan kesalahan terhadap sebuah task. Pada website Retailpolo.com, notification diberikan oleh sistem dalam beberapa kasus. Ketika pengguna salah atau lupa memasukkan field User Login atau Password atau kedua-duanya. Pesan error yang ditampilkan sama untuk setiap kemungkinan kesalahan yang dilakukan pengguna dalam melakukan login. Pesan error tersebut berupa kalimat "Username and password do not match or you do not have an account yet." Dalam form login ini,
ketika pengguna tidak mengisi field User Login dan Password maka sistem mengeluarkan pesan error yang sama dengan ketika pengguna hanya mengisi field User Login. Sistem memberi tahu pengguna kesalahan yang mereka lakukan dan memberikan solusi yang tepat bagi pengguna.
SARAN PERBAIKAN
SAVERITY RATINGS
Sebuah website yang baik akan memberikan pemberitahuan apabila pengguna melakukan kesalahan terhadap sebuah task. Pada website Retailpolo.com, notification diberikan oleh sistem dalam beberapa kasus. Ketika pengguna salah atau lupa memasukkan field User Login atau Password atau kedua-duanya. Pesan error yang ditampilkan sama untuk setiap kemungkinan kesalahan yang dilakukan pengguna dalam melakukan login. Pesan error tersebut berupa kalimat "Username and password do not match or you do not have an account yet." Dalam form login ini,
ketika pengguna tidak mengisi field User Login dan Password maka sistem mengeluarkan pesan error yang sama dengan ketika pengguna hanya mengisi field User Login. Sistem memberi tahu pengguna kesalahan yang mereka lakukan dan memberikan solusi yang tepat bagi pengguna.
Help users recognize, diagnose, and recover from errors
Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution.
Pesan Error Kesalahan input Login |
SARAN PERBAIKAN
Pesan error yang terjadi haruslah menunjukkan pemberitahuan yang tepat dari kesalahan pengguna maupun error dari sistem. Begitupun kasus pesan error saat melakukan login di situs Retailpolo.com. Setiap case kesalahan tentu saja harus berbeda satu sama lain jika kasusnya berbeda. Misalnya jika user hanya melakukan kesalahan input pada form password maka yang diberitahukan sistem hanyalah notifikasi bahwa passwordnya tidak sesuai dengan akun yang ada. Hal
ini penting dilakukan oleh sebuah website untuk memudahkan pengguna
dalam mengetahui letak kesalahan yang dilakukannya dan bagaimana
memperbaiki kesalahan tersebut.
SAVERITY RATINGS
Menurut Nielsen (1995), penilaian Severity Ratings
berdasarkan pada kombinasi ketiga faktor :
Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah sering atau Jarang?
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi:
akankah mudah atau sulit untuk user atasi? Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah sering atau Jarang?
Persistence, yakni persistensi adanya masalah:
apakah masalah ini bisa tangani sekali mereka mengetahuinya atau akankah user
terganggu oleh masalah tersebut jika berulang kali muncul?
Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat
keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya
dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa
dijelakan sebagai berikut.
- 0 = Saya tidak setuju sama sekali bahwa hal tersebut adalah masalah usability
- 1 = Tidak perlu ada perbaikan selama tidak ada waktu pengerjaan yang mendukung
- 2 = Masalah Usability yang kecil, perbaikan diberikan dengan prioritas rendah.
- 3 = Masalah Usability yang utama, penting untuk dilakukan perbikan, sehingga harus diberikan prioritas tinggi.
- 4 = Usability Catastrophe, sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem/produk dipublikasikan
No.
|
Deskripsi
|
Severity Ratings
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Pesan error untuk kasus login
|
X
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon