Retailpolo.com
menerapkan sistem bisnis yang sesuai dengan konsep website ecommerce pada
umumnya.
Berfokus
pada produk kaos polo baik T-Shirt maupun Shirt mencakup untuk pria dan wanita,
Retailpolo.com menyediakan layanan pemesanan dan pembelian online dengan harga
yang beragam. Situs tersebut menampilkan produk-produknya menyesuaikan dengan
keadaan fisik produk aslinya. Pengaturan ukuran baju dapat user sesuaikan
dengan mudah ketika akan memasukan produk yang dipilih ke dalam keranjang
belanja. Pemesanan dilakukan secara online dengan sistem bisnis yang telah
ditetapkan. Berkaitan dengan Heuristic Evaluation khususnya terhadap kesesuaian
sistem dan dunia nyata (Match between system and the real world), situs
Retailpolo.com sudah memenuhi kriterianya. Semua yang terbaca dan yang
dilakukan pengguna telah mampu meyakinkan bahwa yang ada di dalam sistem layak
seperti aslinya di dunia nyata.
Match between system and the real world
The system should speak the users' language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order, Nielsen (1995).
Halaman Detail Mens Polo Shirt |
Match between system and the real world
The system should speak the users' language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order, Nielsen (1995a).Dengan penerapan konsep sistem ecommerce yang ada pada umumnya, maka tidak ada perbaikan untuk evaluasi Match between system and the real world.
Severity rating
Menurut
Nielsen (1995), penilaian Severity Ratings berdasarkan pada kombinasi
ketiga faktor :
Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah
sering atau Jarang?
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika
terjadi: akankah mudah atau sulit untuk user atasi?
Persistence, yakni persistensi adanya
masalah: apakah ini masalah satu kali yang user bisa tangani sekali mereka
mengetahuinya atau akankah user terganggu oleh masalah tersebut jika berulang
kali muncul?
Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat
keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya
dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa
dijelakan sebagai berikut.
- 0 = Saya tidak setuju sama sekali bahwa hal tersebut adalah masalah usability
- 1 = Tidak perlu ada perbaikan selama tidak ada waktu pengerjaan yang mendukung
- 2 = Masalah Usability yang kecil, perbaikan diberikan dengan prioritas rendah.
- 3 = Masalah Usability yang utama, penting untuk dilakukan perbikan, sehingga harus diberikan prioritas tinggi.
- 4 = Usability Catastrophe, sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem/produk dipublikasikan
No.
|
Deskripsi
|
Severity Ratings
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kesesuaian produk
yang tampil melalui sistem dengan keadaan fisik asli dari produk tersebut.
|
X
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon