Match Between System and The Real World - Retailpolo.com


Retailpolo.com menerapkan sistem bisnis yang sesuai dengan konsep website ecommerce pada umumnya.
Berfokus pada produk kaos polo baik T-Shirt maupun Shirt mencakup untuk pria dan wanita, Retailpolo.com menyediakan layanan pemesanan dan pembelian online dengan harga yang beragam. Situs tersebut menampilkan produk-produknya menyesuaikan dengan keadaan fisik produk aslinya. Pengaturan ukuran baju dapat user sesuaikan dengan mudah ketika akan memasukan produk yang dipilih ke dalam keranjang belanja. Pemesanan dilakukan secara online dengan sistem bisnis yang telah ditetapkan. Berkaitan dengan Heuristic Evaluation khususnya terhadap kesesuaian sistem dan dunia nyata (Match between system and the real world), situs Retailpolo.com sudah memenuhi kriterianya. Semua yang terbaca dan yang dilakukan pengguna telah mampu meyakinkan bahwa yang ada di dalam sistem layak seperti aslinya di dunia nyata.
Match between system and the real world 
The system should speak the users' language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order, Nielsen (1995).
 
Halaman Daftar Item Mens Polo Shirt

Halaman Detail Mens Polo Shirt

Match between system and the real world
The system should speak the users' language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order, Nielsen (1995a).
Dengan penerapan konsep sistem ecommerce yang ada pada umumnya, maka tidak ada perbaikan untuk evaluasi Match between system and the real world.
Severity rating
Menurut Nielsen (1995), penilaian Severity Ratings berdasarkan pada kombinasi ketiga faktor :
Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah sering atau Jarang?
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi: akankah mudah atau sulit untuk user atasi? 
Persistence, yakni  persistensi adanya masalah: apakah ini masalah satu kali yang user bisa tangani sekali mereka mengetahuinya atau akankah user terganggu oleh masalah tersebut jika berulang kali muncul?
Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa dijelakan sebagai berikut.
  • 0 = Saya tidak setuju sama sekali bahwa hal tersebut adalah masalah usability
  • 1 = Tidak perlu ada perbaikan selama tidak ada waktu pengerjaan yang mendukung
  • 2 = Masalah Usability yang kecil, perbaikan diberikan dengan prioritas rendah.
  • 3 = Masalah Usability yang utama, penting untuk dilakukan perbikan, sehingga harus diberikan prioritas tinggi.
  • 4 = Usability Catastrophe, sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem/produk dipublikasikan
Penilaian severity rating penulis coba padukan dengan masalah pada Heuristic Evaluation khususnya dalam Match Between System and The Real World. Berikut adalah penilaian sesuai yang penulis analisis langsung terhadap sistem retailpolo.com
No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Kesesuaian produk yang tampil melalui sistem dengan keadaan fisik asli dari produk tersebut.
X




Previous
Next Post »
Thanks for your comment