Keranjang belanja hadir untuk mengingatkan pengguna terhadap
produk yang telah dipilih di situs Retailpolo.com akan tetapi belum disertai gambar produk
diperlihatkan.
Hal lumrah di setiap situs e-commerce selalu menyertakan fitur Keranjang belanja (Cart) yang dimaksudkan sebagai wadah sementara bagi pengguna yang ingin mengumpulkan terlebih dahulu produk yang dipesannya. Di situs Retailpolo.com pun demikian, telah tersedia fitur keranjang belanja meskipun tata letaknya yang berada di bagian kiri bawah (sidebar kiri) sehingga terlihat kurang efektif penempatannya, namun di sisi lain dengan adanya fitur keranjang belanja ini para pelanggan menjadi terbantu untuk selalu mengetahui isi dari produk-produk yang dipilihnya. Meskipun
demikian pengguna masih
terpaksa melihat tautan ‘Show Cart’ karena sistem yang belum menyediakan
screenshot di dalam Keranjang belanja yang terdapat di sidebar kiri tersebut. Hal
demikian tentu saja masih menuntut user untuk
mengingat produk yang dipilihnya seperti apa jika tengah beberapa lama menelusur
website tersebut. Keterkaitannya dengan Evaluasi Heuristik adalah berhubungan
dengan “Recognition rather than Recall” yang intinya kekurangan Retailpolo.com
dalam memanjakan pelanggannya untuk dimudahkan dalam mengingat gambar produk
yang dipesannya.
Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat
keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya
dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa
dijelakan sebagai berikut.
Hal lumrah di setiap situs e-commerce selalu menyertakan fitur Keranjang belanja (Cart) yang dimaksudkan sebagai wadah sementara bagi pengguna yang ingin mengumpulkan terlebih dahulu produk yang dipesannya. Di situs Retailpolo.com pun demikian, telah tersedia fitur keranjang belanja meskipun tata letaknya yang berada di bagian kiri bawah (sidebar kiri) sehingga terlihat kurang efektif penempatannya, namun di sisi lain dengan adanya fitur keranjang belanja ini para pelanggan menjadi terbantu untuk selalu mengetahui isi dari produk-produk yang dipilihnya. Meskipun
Recognition rather than Call
Minimize the user's memory load by making objects, actions, and options visible. The user should not have to remember information from one part of the dialogue to another. Instructions for use of the system should be visible or easily retrievable whenever appropriate, Nielsen (1995).
Screenshot Halaman Retailpolo.com yang memuat Keranjang Belanja |
SARAN
PERBAIKAN
Alangkah baiknya
jika fitur keranjang belanja yang disajikan oleh Retailpolo.com dapat disertai
dengan tambahan screenshot foto produk yang dipilih pelanggan. Hal tersebut
mungkin akan lebih membantu mereka dalam mengingat produk seperti apa yang
telah mereka pesan sebelu selanjutnya dilakukan proses transaksi. Alternatif lain
adalah dengan membuat satu tambahan menu utama di bar atas berupa keranjang belanja yang jika dikilk akan tampil
daftar barang yang telah kita simpan di keranjang belanja. Penambahan menu
tersebut sudah dilakukan oleh situs e-commerce lain seperti bukalapak.com.
Screenshot situs Bukalapak.com dalam menampilkan Keranjang Belanja |
SAVERITY
RATINGS
Menurut Nielsen (1995), penilaian Severity Ratings
berdasarkan pada kombinasi ketiga faktor :
Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah
sering atau Jarang?
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi: akankah
mudah atau sulit untuk user atasi?
Persistence, yakni persistensi adanya masalah:
apakah masalah ini bisa tangani sekali mereka mengetahuinya atau akankah user
terganggu oleh masalah tersebut jika berulang kali muncul?
- 0 = Saya tidak setuju sama sekali bahwa hal tersebut adalah masalah usability
- 1 = Tidak perlu ada perbaikan selama tidak ada waktu pengerjaan yang mendukung
- 2 = Masalah Usability yang kecil, perbaikan diberikan dengan prioritas rendah.
- 3 = Masalah Usability yang utama, penting untuk dilakukan perbikan, sehingga harus diberikan prioritas tinggi.
- 4 = Usability Catastrophe, sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem/produk dipublikasikan
No.
|
Deskripsi
|
Severity Ratings
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Fungsionalitas
fitur keranjang belanja di sidebar kiri sebagai pengingat pelanggan akan
produk yang dipesannya
|
X
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon