Keranjang
belanja Retailpolo.com disertai dengan fungsi edit kuantitas dan
penghapusan item dengan mudah akan tetapi sistem belum menyediakan fasilitas undo atau dialog yang meyakinkan setiap tindakan dari pengguna.
Sebagai website dinamis, situs Retailpolo.com mencoba memudahkan pengguna dalam mengubah apa yang ada di dalam keranjang belanja masing-masing. Fitur tersebut dapat diakses dan digunakan dengan mudah di halaman Keranjang Belanja (Cart). User tidak perlu menuju halaman khusus maupun mengubahnya dalam kotak dialog lain, tetapi pengguna dimudahkan dengan dapat mengubah kuantitas masing-masing item yang dipilih tepat di satu baris item tersebut berada, begitupula jika ingin menghapus item dari Keranjang belanja. Berkaitan dengan evaluasi khususnya di dalam bahasan User Control and Freedom, situs ini sudah memenuhi kriterianya. Namun, masih dalam sisi evaluasi yang sama sistem belum menyertakan fasilitas undo atau bentuk dialog khusus yang seharusnya dapat meyakinkan kembali setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna. Hingga saat ini di retailpolo.com jika pengguna ingin menghapus item dan klik icon yang bersangkutan, maka sistem secara langsung menghapus item tersebut tanpa ada konfirmasi ulang kepada user.
Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa dijelakan sebagai berikut.
Sebagai website dinamis, situs Retailpolo.com mencoba memudahkan pengguna dalam mengubah apa yang ada di dalam keranjang belanja masing-masing. Fitur tersebut dapat diakses dan digunakan dengan mudah di halaman Keranjang Belanja (Cart). User tidak perlu menuju halaman khusus maupun mengubahnya dalam kotak dialog lain, tetapi pengguna dimudahkan dengan dapat mengubah kuantitas masing-masing item yang dipilih tepat di satu baris item tersebut berada, begitupula jika ingin menghapus item dari Keranjang belanja. Berkaitan dengan evaluasi khususnya di dalam bahasan User Control and Freedom, situs ini sudah memenuhi kriterianya. Namun, masih dalam sisi evaluasi yang sama sistem belum menyertakan fasilitas undo atau bentuk dialog khusus yang seharusnya dapat meyakinkan kembali setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna. Hingga saat ini di retailpolo.com jika pengguna ingin menghapus item dan klik icon yang bersangkutan, maka sistem secara langsung menghapus item tersebut tanpa ada konfirmasi ulang kepada user.
User control and freedom
Users often choose system functions by mistake and will need a clearly marked "emergency exit" to leave the unwanted state without having to go through an extended dialogue. Support undo and redo.
Halaman Cart (Keranjang Belanja) |
Kontrol untuk Fungsi Edit Kuantitas dan Delete Item |
SARAN PERBAIKAN
Dengan adanya salah satu fitur yang memudahkan pengguna dalam mengontrol dan mendapati akses redo atau undo dalam hal ini adalah sistem Retailpolo.com menyajikan kontrol edit kuantitas dan penghapusan per item, maka sebaiknya disertakan juga dialog konfirmasi atau fasilitas undo untuk setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna dalam hal ini adalah ketika pengguna melakukan aksi update dan delete item.
Dengan adanya salah satu fitur yang memudahkan pengguna dalam mengontrol dan mendapati akses redo atau undo dalam hal ini adalah sistem Retailpolo.com menyajikan kontrol edit kuantitas dan penghapusan per item, maka sebaiknya disertakan juga dialog konfirmasi atau fasilitas undo untuk setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna dalam hal ini adalah ketika pengguna melakukan aksi update dan delete item.
Severity rating
Menurut
Nielsen (1995), penilaian Severity Ratings berdasarkan pada kombinasi
ketiga faktor :
Frequency, yakni frequensi terjadinya masalah. Apakah
sering atau jarang?
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika
terjadi: akankah mudah atau sulit untuk user atasi?
Persistence, yakni persistensi adanya masalah: apakah ini
masalah satu kali yang user bisa tangani sekali mereka mengetahuinya atau
akankah user terganggu oleh masalah tersebut jika berulang kali muncul?Skala yang dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan (severity rating) dari masalah usability adalah dengan menunjukkannya dengan angka dari 0 sampai dengan 4 (Nielsen, 1995). Skala tersebut bisa dijelakan sebagai berikut.
- 0 = Saya tidak setuju sama sekali bahwa hal tersebut adalah masalah usability
- 1 = Tidak perlu ada perbaikan selama tidak ada waktu pengerjaan yang mendukung
- 2 = Masalah Usability yang kecil, perbaikan diberikan dengan prioritas rendah.
- 3 = Masalah Usability yang utama, penting untuk dilakukan perbikan, sehingga harus diberikan prioritas tinggi.
- 4 = Usability Catastrophe, sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem/produk dipublikasikan
No.
|
Deskripsi
|
Severity Ratings
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kemudahan
pengguna dalam mengontrol isi keranjang belanja khusunya untuk mengubah
kuantitas produk dan penghapusan produk dari keranjang belanja
|
X
|
||||
2.
|
Fasilitas
undo atau fasilitas dialog
konfirmasi dari setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna.
|
X
|
2 comments
Click here for commentsYang bakal jadi masalah nanti mungkin kalo ngga sengaja ke apus...
ReplyKecuali sebelum hapus ada konfirmasinya sih...
Oke terimakasih kawan atas komentarnya. Benar juga, ternyata sistem belum memiliki fasilitas undo atau mungkin dialog untuk meyakinkan setiap aksi yang dilakukannya khususnya ketika ingin menghapus item. Baik terimakasih, akan saya tambahkan sebagai hasil evaluasi.
ReplyConversionConversion EmoticonEmoticon